WELCOME TO MY BLOG ... HEPPY FUN

Friday, September 14, 2012

Perkembangan tekhnologi mesin

Disadari atau tidak, kita telah memasuki era modern. Dimana mesin menjadi sahabat manusia disetiap kegiatan mereka. bahkan mungkin bisa dikatakan kita telah masuk era robotik, diamana para robot menjadi media pembantu manusia untuk memudahkan aktifitasnya. Banyaknya robot dan mesin yang telah diciptakan manusia menjadikan semakin jelasnya perkembangan tekhnologi masa kini. Berbagai terobosan baru di dunia elektronika misalnya menjadi salah satu bentuk zaman mesin yang kini mulai terbentuk. 
Banyak nilai positif yang tentunya dapat diambil dari perubahan struktur zaman mesin ini. Seperti di dunia perindustrian, dengan adanya mesin pemilik perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar karena selain perolehan produksi yang lebih cepat, pihak industri juga dapat meminimalisir jumlah pegawai. karena bagainmanapun juga mesin tidak butuh digaji. Di dunia rumah tangga keberadaan mesin juga sangat membantu, terutama buat para ibu yang merupakan wanita karir. Dengan adanya mesin cuci mereka dapat menghemat waktu dan tenaga juga dapat mengurangi biaya baju yang seharusnya masuk loundry dengan adanya mesin cuci sendiri maka para ibu rumah tangga dapat menggunakan bajet cucian tersebut kepada kebutuhan yang lain. 
Bahkan sekarang ini fungsi mesin yang salah satunya dalam bentuk robotik telah merambah ke berbagai bidang. Salah satu contoh yang seringkali kita lihat adalah keberadaan para robot dalam dunia seni. Robot-robot tersebut dengan pengaturan program yang telah diatur mereka dapat menjadi pelukis, penari, dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat mencengangkan bagi masyarakat awam. 
Namun disisi lain perkembangan tekhnologi mesin ini menimbulkan dampak negatif yang luar biasa. Dampak yang cukup nyata dari adanya perubahan struktur ini adalah banyaknya pegawai yang di pecat dalam industri karena peran mereka yang tergantikan oleh adanya mesin tersebut. Mungkin hal ini dikarenakan pihak perusahaan ingin meminimalisir sebesar mungkin pengeluaran mereka dan memaksimalkan pemasukan yang mereka peroleh dalam tiap periodenya. Dari kejadian ini memunculkan masalah sosial yang baru yakni menambah angka pengangguran di sebuah negara industri tersebut. Dampak lain yang ditimbulkan oleh adanya mesin-mesin tersebut adalah kerusakan lingkungan. Kita dapat melihat, berapa banyak asap yang keluar dari motor setiap harinya. Belum lagi ditambah asap pabrik yang tiap harinya menimbulkan warna hitam pekat di langit. 
Namun tidak semua memanfaatkan perubahan yang ada ini. Masih ada pula yang tetap mempertahankan tradisi klasik yang telah ada. Misalkan saja para pembuat kain batik yang tetap menggunakan klanting dalam pembuatan kain batiknya. Para pengrajin kain batik troso dijepara misalnya, mereka tetap menggunakan penduduk lokal sebagai pelaku industri. Alat-alat yang digunakan pun masih menggunakan alat-alat tradisional yang telah lama dipakai. Alasan yang mendasari salah satunya adalah belum adanya alat yang sesuai untuk membantu proses tersebut, atau bahkan SDM yang ada belum piawai bahkan belum ada yang bisa menggunakan mesin canggih yang telah ada.

Comments
1 Comments

1 comment: